"Tuhan kita berkata kepada Rasulullah (saw), 'Wahai Muhammad! Untuk meraih Kehadirat Illahiku, ada banyak jalan! Sebanyak semua nafas dari semua mahluk!' Setiap hari satu orang mempunya dua puluh empat ribu nafas. Berapa banyak, kalau begitu, untuk semua umat manusia, untuk semua mahluk? Sebanyak jumlah tersebut ada banyak jalan guna mencapai kepada Allah.
"Ini merupakan kabar yang sangat baik, tapi apakah tandanya? Allah berfirman, juga, tak seorangpun tahu dari jalan mana umatKu, hamba-hambaKu, datang kepadaKu.' Semua jalan menuju kepadaNya. Di setiap arah yang dilalui oleh seseorang, dia pasti tiba pada Kehadirat Illahiah. Dia Yang Maha Kuasa berfirman, lagi, 'Tak seorangpun tahu kecuali Aku jalan mana yang oleh hamba-hambaKu datang kepadaKu. Dengan sekilas, kamu mungkin melihat seorang hamba melalui jalan yang lain. Tapi ia datang kepadaKu juga. Dia tidak bisa menemukan apapun kecuali Aku, tidak peduli ke mana dia akan berjalan! Jalan mana saja yang hambaKu ikuti, dia pasti datang kepadaKu!'
"Umat Budha, umat Kristen, umat Katolik, orang komunis, kaum Konfusius, kaum Brahma, orang Negro; siapa yang menciptakan mereka? Dialah yang menciptakan mereka, semuanya, dan masing-masing berkata, "Kita pergi melalui jalan yang sampai pada Kehadirat Illahi. Sangat, amat banyak jalan; kamu tidak bisa tahu. Oleh karena itu, Allah berfirman, 'Allay sa'llahu biya kaymi hajimn.' Ini artinya, 'Tak seorangpun yang mengadili hamba-hambaKu, kecuali Aku! Akulah yang akan mengadili hamba-hambaKu. Tak seorangpun dari kamu yang akan mengadili, tidak Iblis, dan tidak pula para nabi! Mereka tidak punya wewenang untuk mengadili hamba-hambaKu. Akulah Sang Hakim!' Inilah perintah Tuhan kita, Allah Yang Maha Kuasa."
"Maulana?" tanya seorang murid, "bagaimana dengan jalan menuju ke Neraka? Apakah akan sampai kepada Allah, juga?"
"Betul," jawab Syeh. "Jalan ke Neraka akan sampai kepadaNya juga, setelah neraka. Neraka untuk membersihkan orang-orang, membersihkan mereka dari dosa dan sifat-sifat buruk, dan kemudian menuntun mereka kepada Allah."
"Ya." Sang Syeh berhenti, dan kemudian melanjutkan, "Iman bersifat abadi, kufur bersifat sementara. Pada semua orang, iman merupakan keadaan yang permanen. Mungkin ada orang yang akan berada di Neraka selamanya, jika Dia memerintahkan demikian, tapi setiap orang akan sampai pada Kehadirat IlahiNya. Dia tidak akan meninggalkan hamba-hambaNya dalam genggaman Setan dan Setan tidak akan menjadi hakim bagi hamba-hambaNya juga! Kamu pikir Setan akan menang? Setan tidak akan pernah menang! Allah yang Maha Kuasa adalah Maha Agung! RahmatNya tidak meninggalkan apa-apa dalam Neraka tiada batas.
"Saya tidak mengerti hal ini," ujar salah seorang saudara. Kemarin anda bilang bahwa seseorang harus mempunyai pembimbing, yang berada di jalan Allah yang harus dia ikuti. Sekarang, anda bilang bahwa semuanya berada di jalan Allah."
"Untuk memahami hal ini," jawab Maulana, "Kamu harus mengetahui bahwa ada dua macam orang. Orang-orang biasa, orang-orang awam yang secara umum puas pada tindakannya. Mereka tidak melihat kebutuhan untuk mengikuti seseorang. Tapi siapapun yang memohon tingkatan yang lebih tinggi dalam Kehadirat Ilahi, dia harus memiliki penuntun. Apakah semua orang punya gelar diploma? Tidak, hanya beberapa orang. Orang-orang biasa tidak meminta gelar diploma.
"Namun demikian ada juga beberapa orang yang perlu mencapai kedudukan yang lebih mulia, tingkatan yang paling tinggi di hadapan Kehadirat Ilahi. Tingkatan pertama yaitu para nabi dan mereka yang berada di jalan para nabi. Kemudian datang tingkatan kedua, ketiga, dan seterusnya. Namun semua keagungan datang pada tingkatan pertama. Merekalah yang akan memiliki keagungan paling banyak, rahmat paling banyak, cahaya paling banyak. Tentu saja mereka mendekati Kehadirat IlahiahNya.
"Oleh karena itu, Allah berfirman, 'Kamu harus mengikuti satu orang yang mendekat kepadaKu agar berada dalam tingkat pertama.' Jika kamu tidak tertarik pada tingkat pertama, kamu boleh mengambil yang kedua, atau ketiga...kamu mengerti?"
"Tapi bagaimana dengan mereka yang membelakangi Ka'bah?"
"Beberapa mungkin kembali kepadaNya dengan keinginannya sendiri, tapi sebagian besar membutuhkan dorongan dengan kekuatan. Bila mereka tidak menerima kekuatan (memiliki bimbingan), maka kekuatan Ilahiah akan memaksa mereka untuk siap kembali."
"Jadi, pada akhirnya, setelah Surga dan Neraka, hanya ada Allah?"
"Semua hal ada dalam samudra kekuatanNya. Kita sedang berenang dalam samudra kekuatan. Kita hanya seperti bayang-bayang; kita tidak memiliki keberadaan yang nyata bagi Allah yang Maha Kuasa. Dia berdiri sendiri. Dia Qayyum; tidak memerlukan yang lain untuk membuatnya berdiri. Dia berdiri sendiri. Tapi, kita sedang berdiri bersamaNya."
Mencoba memahami hal ini, murid yang lain bertanya, "Maka, Allah pada akhirnya akan selesai dengan ciptaan? Akankah nantinya hanya Dia semata?"
Sang Syeh berbicara, "Tidak akan habis bagi ciptaan. Ciptaan selalu berlanjut, dan kita merupakan mahluk."
"Jadi apakah maknanya ketika Quran berfirman bahwa, "Semuanya akan musnah, kecuali wajahNya?"
"Ya," jawab Syeh Nazim, "dunia ini akan musnah. Tapi semua yang milik Allah yang Maha Kuasa, ruh kita, tidak habis, tidak musnah. Jasmani kita akan musnah, tapi ruh kita akan bersamaNya selalu. Kita katakan bahwa jasmani kita berasal dari Alam-al Kahlq,' dan ruh kita (arwah) berasal dari 'Alam al-amr.'"
Saudara yang lain melanjutkan, "Kadang-kadang kelihatannya seperti semua adalah Allah, dan tidak ada 'saya.'"
Maulana berkata kepadanya, "Kamu menanyakan apakah sang Pencipta dan apakah mahluk?"
"Ya," jawab sang murid. "Saat kita pergi dari dunia ini apakah kita tetap sebagai individu? Apakah kita akan duduk, insya Allah, di Surga bersama Nazim Effendi?"
"Betul, ada kehidupan individu," jawab Syeh.
"Dan apakah kita akan mempunyai ilmu sendiri juga?"
Sang Syeh tersenyum, "Kita akan punya ilmu mutlak."
"Dan keberadaan individu?" salah seorang saudara melanjutkan.
"Dan keberadaan individu!" balas Syeh.
"Betul?"
"Betul!" ucap Maulana. "Kalian mengerti?"
Salah seorang murid menggeleng kepalanya. "Siapa yang bisa menuliskan itu!"
Syeh Nazim tetap sabar. "Kita semua memiliki pribadi individu dalam Kehadirat Ilahi."
"Saya pernah membaca hal-hal seperti ini, "ucap murid yang lain, "tapi saya tidak tahu bagaimana untuk benar-benar memahaminya.
Maulana tersenyum lagi, "Ya," beliau menjelaskan, "karena sekarang, kita masih di permulaan. Kamu tidak bisa melukiskan kepada seseorang bagaimana caranya bekerja." Beliau berhenti sejenak, dan menggerakkan alat rekam yang kita sedang gunakan untuk merekam kuliah beliau. "Ini adalah alat rekam," ujar beliau. "Dapatkah kamu menjelaskan pada orang awam bagaimana caranya bekerja? Kamu tidak bisa menjelaskan. Dia bisa mengamatinya dan melihat bahwa alat tersebut bekerja. Hanya beberapa orang yang bisa mengetahui ini. Setiap waktu kita meningkatkan derajat ilmu kita, kita semakin memahami. Kamu meminta hal-hal yang kita belum siap untuk pahami."
"Kita mengetahui bahwa kita mahluk," sang Syeh melanjutkan, "dan bahwa kita diciptakan oleh sang Pencipta. Bagaimana kita diciptakan, berada di mana, dan ke mana kita melangkah, kita tidak bisa tahu hingga realitas tersebut dibuka kepada kita. Setiap waktu kita melangkah maju, melangkah maju, datang...
Tidak mungkin berbicara mengenai warna kepada orang buta. Kamu tidak bisa melukiskan wajah yang baik dari wajah yang buruk, atau malam dari siang, hijau dari merah, putih dari hitam, apakah hijau? Apakah biru? Apakah merah? Apakah cantik? Apakah buruk? Dapatkah kamu melukiskan ini pada orang buta? Tidak mungkin. Sekarang mata hati kita tertutup. Masih harus dibuka, guna melihat realitas tersebut. Sekarang, kita sedang meyakini saja. Kita harus meyakini, maka hal ini akan tumbuh; akan terbuka."
"Maulana? Mohon, apakah yang orang-orang lakukan di Surga? Apa pekerjaan mereka?"
Syeh Nazim menjawab, "Sebagaimana Allah berfirman, 'pekerjaan yang amat menyenangkan!
"Namun apakah Allah menyebutkan di Quran apa yang dikerjakan para penghuni Surga?"
"Pekerjaan yang sangat menyenangkan,
Pada saat ini semua orang mengalami keadaan yang menggelikan, tertawa dan tersenyum, seperti dalam keadaan setengah mabuk. Saudara yang terus bertanya pada Syeh Nazim tentang penghuni Surga mencoba melanjutkan pendapatnya:
"Tapi," ujarnya, "bukankan mereka tetap berhubungan dengan bumi?"
"Bumi!" jawab sang Syeh, dengan keheranan, "Phtt!" beliau membuat isyarat yang tidak menyenangkan.
Sang murid melanjutkan, "Tapi para wali - mereka bekerja di atas bumi bukan? Bukankah Grandsyeh berada dalam hubungan dengan anda, walaupun beliau berada di Surga?"
"Setelah kiamat, kita berada di Surga," jawab Maulana.
"Tapi bukankah beberapa orang sudah berada di Surga?" tanya sang murid.
"Surga?" ulang sang Syeh, "Ini adalah Surga Barzakh! Ketika semua pengadilan selesai, maka orang akan berada di Surga!"
Lagi-lagi, sang murid bertanya, "Apakah Awliya hidup di Barzakh?"
"Ya."
"Mereka senang di sana juga?"
"Ya," sang Syeh kini tertawa, "bersenang-senang.
Sekarang, setiap orang tertawa. Lebih banyak pertanyaan muncul:
"Apakah Rasulullah (saw) juga berada dalam eksistensi Barzakh?"
"Ya."
"Tapi beribadah di bumi?"
"Beribadah apa!"
"Para wali beribadah di bumi dari Barzakh juga bukan?"
Pada saat ini, saudara yang lain mengajukan pertanyaan lain: "Saya ingat pertama kali saya di London." dia memulai, "anda menggambarkan kubur. Anda menceritakan dua kisah malam itu. Satu tentang Mi'raj; di mana Rasulullah (saw) melihat samudra rahmat dan kasih sayang yang tiada batas. Pintu terbuka bagi beliau dan beliau melihat sebuah pohon."
"Oh ya!" ingat Maulana.
Saudara tersebut melanjutkan, "Dan, dalam pohon itu ada seekor burung, dengan segumpal kotoran dalam mulutnya. Muhammad (saw) berkata pada burung tersebut, 'Apa benda yang kamu pegang?' dan burung tersebut menjawab, 'Wahai Rasul, inilah dosa-dosa umat manusia; segumpal kecil kotoran ini! Apa jadinya ketika jatuh ke dalam samudra yang amat luas yang engkau lihat di hadapanmu? Tak ada!'"
Sang murid melanjutkan, "Lalu anda menceritakan kisah tentang seperti apa di dalam kubur. Anda berkata, 'ketika kamu mati dan malaikat menunjukkan kamu sebuah nama Ilahiah. Maka ruh kamu keluar dan kemudian habis."
"Ya, saya ingat," ujar Syeh.
"Lalu," ujar saudara kami, "anda menceritakan kepada kami bahwa orang mati akan melihat benda yang mengerikan di hadapannya. Orang mati tersebut akan mencoba melarikan diri darinya, tapi benda tersebut akan datang mengejarnya dan berkata, 'Oh betapa engkau senang ketika bersamaku saat engkau masih hidup! Mengapa kau lari dariku sekarang? Bukankah engkau mengenali aku? Akulah perbuatan-perbuatan burukmu!' Yang saya tanyakan adalah: apakah kita terbatas setelah mati di dalam kubur? Apakah kita betul-betul berada dalam tanah?"
Syeh Nazim menjawab seperti ini: "Betul, ada jasmani dan rohani dalam kubur. Itu berasal dari RahmatNya; untuk membersihkan hambaNya sebanyak hamba tersebut membuat kotor dirinya di kehidupan ini. Dia harus bersih, maka Allah membuatnya bersih di dalam kubur. Dia membersihkan hamba tersebut hingga Hari Kiamat. Maka, hamba tersebut akan datang dalam keadaan suci.
Seorang murid berkomentar, "Anda memberikan pelajaran yang baik, Maulana ketika anda menceritakan kepada kita bahwa tidak ada raja tanpa kerajaan, tidak ada nabi tanpa umat, tidak ada Pencipta tanpa ciptaan. Allah tidak tercipta dan para hamba juga tidak tercipta. Tapi saat kita datang ke dalam kehidupan ini, kita lupa."
"Ya," jawab Syeh. "Sudah cukup. Kalian tidak bisa masuk lebih dalam lagi tanpa tenggelam!"
illahi anta maqsudi wa ridhaka mathlubi
No comments:
Post a Comment